DEAR : Drop Everything And Read – Program

DEAR : Drop Everything And Read

Davao City – 3 Feb 2012 – Sejak September 2011 yang lalu, Sekolah Indonesia Davao membuat suatu pmeningkatkan kemampuan dan ketrampilan Bahasa Inggris siswa khususnya program terobosanuntuk ketrampilan berkomunikasi dalam bahasa Inggris yaitu melalui Pogram DEAR yaitu Drop Everything And Read. Program ini diterapkan untuk semua jenjang : SD-SMP dan SMA dimana 2(dua) kali dalam seminggu selama 30 menit sebelum pelajaran pertama dimulai, semua guru mendampingi seluruh siswa pada masing-masing kelas untuk  mendampingi siswa membaca materi tentang apa saja dalam teks Bahasa Inggris.
Setelah selesai membaca, secara sukarela siswa diminta untuk menceritakan kembali ( story telling ) di depan kelas. Banyak innovasi dan metode menarik yang telah dilakukan oleh guru-guru pendamping dalam kegiatan ini. Tidak hanya story telling , menyanyi, spelling bee, word hunt, pengembangan vocabulary tetapi juga permainan game yang menyenangkan ( English for fun ).

Sebagai media untuk mengukur kemampuan bahasa Inggris siswa, sekolah juga melaksanakan English Contest yang dilaksanakan pada setiap akhir / awal bulan.

Kontes ini diikuti oleh seluruh siswa pada semua tingkat yang diatur secara bergilir, sehingga seluruh anak mempunyai kesempatan yang sama untuk mengikuti Contest English For Fun. Untuk mendukung  dan membantu meningkatkan motivasi siswa, sekolah juga menyiapkan hadiah untuk semua kategori contest. Harapannya melalui reward ini, siswa dapat termotivasi untuk lebih giat belajar terutama dalam meningkatkan kemampuan komunikasi dalam Bahasa Inggris. Dengan demikian maka Sekolah Indonesia Davao, telah mempersiapkan diri untuk meningkatkan status sekolah menuju sekolah Berstandar Internasional.

Slamet Nugraha

Wakasek Kesiswaan

3 thoughts on “DEAR : Drop Everything And Read – Program

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s