PELAKSANAAN UJIAN NASIONAL (UN) SMA DI SEKOLAH INDONESIA DAVAO, FILIPINA

DAVAO CITY-04/04/16 Sekolah Indonesia Davao sebagai salah satu Sekolah Indonesia Luar Negeri dimana mayoritas peserta didiknya merupakan putra-putri warga negara Indonesia yang tinggal di Mindanao Selatan, pada hari ini (4 April 2016) melaksanakan Ujian Nasional (UN) untuk tingkat SMA. Pelaksanaan Ujian Nasional di SILN Davao dilaksanakan dengan menggunakan Paper Based Test (PBT). Salah satu kendala yang dihadapi dikarenakan masih lemahnya sarana jaringan internet disekolah. Semoga pada tahun pelajaran mendatang, SILN Davao sudah dapat melaksanakan UNBK sebagaimana sekolah-sekolah yang lain.

Penyelenggaraan UN tingkat SMA berlangsung di Sekolah Indonesia Davao selama 3 hari, mulai Senin ini hingga Rabu (6/4/2016) dengan mapel yang diujikan yaitu hari Senin mapel Bahasa Indonesia, Kimia, dan Geografi ; hari Selasa mapel Matematika, Biologi, dan Sosiologi ; hari Rabu mapel Bahasa Inggris, Fisika, dan Ekonomi. Ujian dilaksanakan mulai pukul 07.30 hingga pukul 12.30 waktu setempat.

Sebelum pelaksannan UN dimulai, kepala Sekolah Indonesia Davao (SID), Setyo Wardoyo mengingatkan kepada seluruh peserta ujian nasional untuk lebih teliti dalam mengerjakan soal, mengelola waktu dengan baik, bersikap mandiri dan menjunjung tinggi kejujuran serta sportifitas selama pelaksanaan UN berlangsung. Dalam kesempatan yang sama kepala SID juga menjelaskan bahwa UN bukan satu-satunya penentu kelulusan, namun ini menjadikan tolok ukur keberhasilan suatu institusi pendidikan.

Pada tahun ini jumlah peserta UN tingkat menengah atas (SMA) Sekolah Indonesia Davao sebanyak 10 siswa yang terdiri dari 4 siswa jurusan IPA dan 6 siswa jurusan IPS. Imee Sendiang salah satu peserta UN Sekolah Indonesia Davao mengaku lebih siap dalam mengikuti UN karena ia telah belajar dari pengalaman Ujian Sekolah beberapa waktu lalu. “Saya belajar lebih giat karena saya belajar dari pengalaman-pengalaman sebelumnya, saya yakin usaha tidak akan menghianati hasil. Saya berterima kasih sekali kepada Bapak/Ibu guru yang telah membimbing kami selama ini”. Hal yang terpenting saat ini adalah mengerjakan soal dengan teliti, jujur, dan terus berdo’a. Semoga jerih payah dan usaha keras dalam belajar selama ini dan juga bimbingan UN oleh bapak/ibu guru dapat memberikan hasil yang baik.

 

Cerita mutiara mutiara negeri

Davao City, April 4, 2016

SILN DAVAO FILIPINA

(Tiara/ Editor Slamet)

20160404_155837un smaun smaa

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s