27 Siswa SMP Terbuka Mindanao Selatan Ikuti Ujian Praktik

 

p tulaMindanao Selatan– Pelaksanaan Ujian Nasional (UN) bagi SMP Terbuka Mindanao Selatan (LC Glan an LC Tupi) pada tahun 2016 ini merupakan tahun ketiga sejak berdirinya SMPT Mindanao Selatan pada akhir tahun 2012. Berbeda dengan tahun sebelumnya dimana ujian praktik, UAS dan UN dilaksanakan di Sekolah Indonesia Davao selaku sekolah Induk, maka pada tahun pelajaran 2015/2016 khusus ujian praktik dan UAS dilaksanakan di masing-masing TKB oleh guru bina P2TK dan dibantu oleh guru pamong . Kebijakan ini diambil karena sumber daya manusianya sudah tersedia dan juga semata-mata atas pertimbangan efisiensi pembiayaan. Untuk materi ujian praktik, SILN Davao memberikan keleluasaan penuh kepada Guru bina di masing-masing TKB sedangkan untuk naskah UAS sepenuhnya disiapkan oleh sekolah induk. Mata pelajaran ujian praktik bagi SMP Terbuka sama dengan siswa-siswa yang menempuh pendidikan di sekolah induk (SID) yaitu ujian praktik Pendidikan Agama; Bahasa Indonesia; Bahasa Inggris; IPA; SBK; Teknologi Informatika dan Komputer (TI dan K), Penjasorkes, Bahasa Tagalog, dan Tata Boga.

Siswa-siswa SMPT Mindanao sangat antusias mengikuti ujian praktik walaupun banyak kendala yang dihadapi baik oleh siswa maupun guru bina. Materi ujian praktik di LC Glan dan LC Tupi yaitu Pendidikan Agama (membaca Al Quran); Bahasa Indonesia (membaca puisi); Bahasa Inggris (Story Telling); IPA( Praktikum); SBK( Menyanyikan lagu Nasional / Bintang Vokalia); Teknologi Informatika dan Komputer (pembuatan email); Penjasorkes (Lari); Bahasa Tagalog (Tula) dan Tata boga (Membuat Nasi Goreng).

Kepala Sekolah SID Bapak Setyo Wardoyo, S.Pd., M.Pd menyampaikan kendala yang dihadapi dalam pelaksanaan KBM (Kegiatan Belajar Mengajar) SMPT Mindanao Selatan yaitu waktu untuk belajar dan jarak tempat tinggal siswa ke TKB yang cukup jauh. Kegiatan tatap muka atau KBM dilaksanakan hanya seminggu sekali pada setiap hari Sabtu. Sedangkan hari-hari lainnya digunakan untuk kegiatan pendampingan dimana Guru Bina mendatangi langsung ke rumah siswa. Mengingat bahwa peserta didik SMP Terbuka mayoritas sudah bersekolah di sekolah setempat, maka Kegiatan pendampingan dilaksanakan setelah anak-anak pulang sekolah. Meskipun demikian kepala Sekolah Indonesia Davao, Setyo Wardoyo berharap agar anak-anak peserta ujian tahun ini baik di LC Gla maupun LC Tupi dapat lulus semua dengan nilai yang baik. “Ucapan terima kasih dan dorongan semangat untuk para guru Bina dari P2TK Dikdas baik yang bertugas di LC Tupi maupun di LC Glan serta para guru pamong yang sudah bekerja keras memberikan bimbingan dan melayani anak-anak warga keturunan Indonesia di wilayah Mindanao” tambahnya.

 

#cerita mutiara-mutiara negeri

Mindanao Selatan

April 7, 2016

SILN Davao Filipina

SMPT Mindanao

(Tiara/editor Slamet)

p lc tupip tatabogap story tellingp jurup lc glanp glan larip juriiip glan agama

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s