PROGRAM PENDIDIKAN KETERAMPILAN (PPK) SMP TERBUKA DI MINDANAO SELATAN

                                                                                                                                      

k ikanMindanao Selatan– 02 April 2016 Program Pendidikan Keterampilan (PPK) merupakan kegiatan wajib yang harus diberikan kepada peserta didik SMP Terbuka dimanapun berada termasuk di SMP Terbuka Mindanao Selatan ( Learning Center Tupi dan Learning Center Glan ).

Sekolah Indonesia Davao selaku sekolah induk telah memberikan pendampingan dan kegiatan pelatihan bagi anak-anak dibantu oleh guru bina dan guru pamong dari masing-masing LC untuk melaksanakan dan mengembangkan program pendidikan keterampilan (PPK) di SMP terbuka di Mindanao karena program ini memiliki nilai yang sangat strategis bagi para siswa. Dengan membekali life skill atau keretampilan pra-vokasional kepada anak-anak berarti kita telah membuka jalan bagi mereka untuk belajar hidup mandiri, berwirausaha dan memiliki jiwa entrepreneurship sehingga melalui program ini diharapkan dapat membantu para siswa yang putra-putri WNI akan lebih siap di kemudian hari ketika terjun di masyarakat karena mereka telah memiliki kompetensi yang memadai untuk hidup mandiri.

Pembiayaan program ini bersumber dari Dipa Direktorat Pembinaan SMP dan sudah berjalan selama tiga tahun sejak tahun pelajaran 2013-2014 . Jenis Program Pendidikan Keterampilan (PPK) bagi siswa-siswi SMP Terbuka di Mindanao Selatan yaitu LC Glan dan LC Tupi diberikan keleluasaan untuk menentukan jenis keterampilan yang akan dikembangkan seperti Tata boga, Tata Busana, Kerajinan Tangan atau jenis keterampilan lainnya seperti Sablon, Desain Grafis tergantung dari karakterisktik sumber daya yang tersedia di masing-masing daerah dimana LC tersebut berada.

Pada tahun pelajaran 2014-2015 SILN Davao telah memberikan pelatihan bidang tata boga kepada para guru pamong yaitu berupa pembuatan dodol nanas. Hasil pelatihan ini telah disosialisasikan dan diajarkan kepada peserta didik di LC Tupi dan LC Glan. Pemilihan jenis keterampilan pembuatan dodol nanas didasarkan pada 2(dua) hal yaitu ketersediaan dan kemudahan mendapatkan bahan baku ( buah nanas) karena potensi yang ada di daerah Tupi banyak ditemukan perkebunan nanas sehingga bahan bakunya mudah di dapat dan juga dikarenakan di Filipina tidak ada produk sejenis dodol nanas di pasaran. Produk dodol nanas hasil karya siswa pernah dipamerkan pada kegiatan Workshop SMP Terbuka di Jakarta dan mendapatkan apresiasi dari Direktorat Pembinaan SMP. Harapannya produk ini dapat dikembangkan tidak hanya dodol nanas saja melainkan dapat dicoba menggunakan bahan baku yang lain.

1. dodol

Pada tahun pelajaran 2015-2016, Pak Rinto Soehartono selaku Pembina PPK mencoba untuk memberikan pelatihan pembuatan Kerupuk Ikan Malasugi, di Indonesia biasa dikenal dengan ikan Blomarlin. Program Pendidikan Keterampilan pembuatan Krupuk Ikan (Red. Cicaron: Bahasa Filipina) ini disebabkan dari peluang yang ada.

“Pada tahun ini kami memilih melatih pembuatan Cicaron karena bahan-bahannya mudah ditemukan di daerah Mindanao dan melihat kebiasaan dari warga Filipina hobi makan cemilan Cicaron dicelupkan ke dalam cuka pedas“. Ungkap Pak Rinto Soehartono, Guru IPA SID sebagai pembina PPK di SMPT Mindanao.

“Melalui kegiatan pelatihan pembuatan krupuk ini dimaksudkan agar produk yang akan dikembangkan oleh anak-anak lebih variatif sehingga dapat memberikan pembekalan keterampilan kepada siswa di LC Glan dan Tupi”. Jelasnya lagi.

Kepala Sekolah SID Setyo Wardoyo, S.Pd., M.Pd menyampaikan kendala yang dihadapi dalam PPK yaitu waktu untuk praktik. Meskipun demikian Bapak Setyo Wardoyo berharap agar PPK terus berjalan untuk membekali life skill siswa. SILN Davao terus berupaya meberikan bekal yang memadai untuk siswa-siswi SMPT Mindanao dengan tidak mengganggu kegiatan tatap muka di TKB Tupi dan TKB Glan yang berlangsung setiap hari Sabtu. Semoga kegiatan pendidikan keterampilan dapat terus berjalan lancar untuk membekali siswa-siswi SMP terbuka di Mindanao agar memiliki kompetensi yang memadai.

 

#cerita mutiara-mutiara negeri

Mindanao, April 2,  2016

SILN Davao Filipina

SMPT Mindanao

(Tiara/editor Slamet)

k ikan (2)k.ikan

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s