MANTAPKAN ULANGAN KENAIKAN KELAS (UKK) TAHUN PELAJARAN 2015/2016 SILN DAVAO, KJRI DAVAO CITY GELAR WORKSHOP PENYUSUNAN KISI-KISI DAN NASKAH SOAL

workshop kisi2

Davao City, SILN Davao- Ulangan Kenaikan Kelas SILN Davao sebentar lagi akan dilaksanakan  tepatnya mulai tanggal 8 s.d 15 Juni 2016. Kegiatan ini bertujuan untuk mengevaluasi proses  pembelajaran di Sekolah yang sudah berjalan 1 tahun untuk TP. 2015/2016. Berkenaan dengan  hal tersebut SILN Davao melalui Program Peningkatan Mutu Dikdas 2015/2016 berupaya untuk melakukan pemantapan dan penguatan kompetensi guru guna meningkatkan mutu layanan pendidikan.Sebagai implementasi upaya tersebut, Sabtu, 28 Mei 2016, SILN Davao mengadakan Workshop Penyusunan Kisi-kisi dan Naskah Soal Ulangan Kenaikan Kelas Tahun Pelajaran 2015/2016 yang diikuti oleh seluruh guru SILN Davao dan SMPT Mindanao Selatan.   Kegiatan yang dilaksanakan selama satu hari ini dilaksanakan di Lake Sebu, South Cotabato, Filipina.

Kegiatan tersebut dibuka resmi oleh Kepala Sekolah Indonesia Davao Setyo Wardoyo, S.Pd., M.Pd. Dalam sambutannya beliau menekankan kepada seluruh guru SILN Davao agar mengedepankan sikap profesional dalam menjalankan tugas dan meningkatkan kompetensi diri, hal ini penting untuk meningkatkan kualitas pelayanan pendidikan menuju sekolah berstandar Internasional.

IMG_2996  7A

Berkaitan dengan kegiatan workshop, Kepala Sekolah Indonesia Davao menambahkan bahwa kisi-kisi sangat penting untuk dijadikan pijakan atau bahan acuan pembuatan soal, sehingga sangat diharapkan ketelitian dalam pembuatan kisi soal agar menghasilkan naskah yang  lengkap, valid dan jelas, yang nantinya sebagai acuan belajar siswa dalam persiapan mengikuti ulangan kenaikan kelas.

8  13

Secara umum workshop ini sangat memberikan manfaat demi peningkatan mutu staf pengajar sehingga kompetensi guru akan meningkat. Sasaran workshop tersebut adalah seluruh guru SILN Davao baik yang mengampu tingkat SD-SMP maupun SMA. Kegiatan wokshop ini dibimbing langsung oleh Wakil Kepala Sekolah bidang Kurikulum Drs. Mohammad Heru Santoso.

Kegiatan Workshop Penyusunan Kisi-kisi dan Naskah Soal Ulangan Kenaikan Kelas Tahun Pelajaran 2015/2016 dimaksudkan untuk meningkatkan kompetensi profesional guru yaitu dapat menyusun alat evaluasi yang baik sesuai dengan kaidah-kaidah yang sudah ditentukan.

Melalui kegiatan ini diharapkan guru SILN Davao bisa lebih menguasai teknik pembuatan kisi dan soal agar siswa tidak serampangan diberikan soal tanpa dirancang dan direncanakan, agar soal yang diberikan nyambung dengan apa yang diajarkan kepada siswa. Sehingga meminimalisi kesenjangan antara soal yang diujikan dengan materi yang diajarkan.

Secara terperinci tujuan Workshop Penyusunan Kisi-kisi dan Naskah Soal Ulangan Kenaikan Kelas Tahun Pelajaran 2015/2016 adalah sebagai berikut:

  1. Meningkatkan kemampuan dan keterampilan guru dalam merumuskan indikator soal
  2. Memantapkan kemampuan dan keterampilan guru dalam menyusun kisi-kisi soal
  3. Meningkatkan kemampuan dan keterampilan guru dalam menyusun butir soal sesuai dengan kaidah penulisan butir soal
  4. Memantapkan kemampuan dan keterampilan guru dalam menelaah butir soal secara kualitatif menggunakan kartu telaah soal.
  5. Memantapkan kemampuan dan keterampilan guru dalam perakitan naskah soal ulangan kenaikan kelas 2015/2016.

“Kisi-kisi itu sebenarnya adalah table of spesification yang merupakan deskripsi kompetensi materi yang akan diujikan”. jelas Heru Santoso dalam penyampaian materi workshop.

Salah satu peserta workshop yang ditemui pada akhir kegiatan mengungkapkan bahwa setelah mengikuti workshop ini dirinya menjadi lebih faham dan mantap dalam menjalankan fungsi, peran dan tugasnya sebagai pengajar atau pelayan pendidikan. Diharapkan kegiatan seperti ini kedepannya terus dilaksanakan, agar kualitas dan layanan pendidikan dapat tercapai optimal.

17

22

Kegiatan workshop kali ini dilaksanakan di luar kota tepatnya di Lake Sebu, Surallah yang jaraknya kira-kira 233 km dari SILN Davao. Pemilihan tempat ini sekaligus untuk refreshing bagi guru-guru SID dengan berwisata alam dan wisata kuliner. Dengan melalui kegiatan wisata bersama ini diharapkan dapat meningkatkan hubungan kekeluargaan dan kekompakan sebagai anggota keluarga besar SILN Davao.

(Yunia Tiara/ Editor Slamet Nugraha)

#cerita mutiara mutiara negeri

Foto Kegiatan Wisata

( in process )

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s