Tanamkan Jiwa Kebaharian, Nasionalisme, Heroisme dan Patriotisme, SILN Davao Wisata Edukasi ke Kapal Perang TNI AL KRI Sura 802

1Davao City- Sekolah Indonesia Davao (SILN) mengadakan wisata edukasi untuk menumbuhkan dan menanamkan nasionalisme, heroisme dan patriotisme dengan mengunjungi salah satu Kapal Perang Republik Indonesia (KRI) yang berada di jajaran Komando Armada RI Kawasan Timur (Koarmatim) yang saat ini tengah bersandar di dermaga Pangasinan, Panacan, Davao City, Philipines, Jumat. (03/06).

KRI Sura 802 adalah kapal patroli milik TNI AL jenis FPB-57 dan merupakan generasi pertama bikinan PT PAL yang saat ini dalam persiapan melaksanakan operasi dalam rangka mendukung pengamanan pulau-pulau terluar wilayah utara RI. Kedatangan KRI Sura 802 di Filipina menjadi objek studi wisata bagi siswa-siswi dan guru-guru SILN Davao. Dalam kunjungan ini, kami mendapat penjelasan tentang tugas TNI AL dan Kolinlamil secara umum, garis besar kapal perang yang dikunjungi, negara asal pembuat sampai dengan spesifikasi teknis kapal perang.

KRISURA802

Pada kegiatan tersebut, Siswa/i SILN Davao yang berjumlah 104 bersama 13 guru dibagi menjadi dua kelompok besar. Secara bergantian setiap kelompok diberi kesempatan memasuki kapal dan berkeliling untuk melihat-lihat alat dan perlengkapan navigasi, peralatan bahari serta persenjataan yang berada di kapal KRI Sura 802. Kelompok pertama melakukan observasi di kapal AL Filipina yaitu Pangasinan (PS31) dan kelompok kedua di kapal KRI Sura 802. Selanjutnya mereka melalukan rolling observation untuk mengenal lebih jauh tentang kapal perang TNI AL

Para siswa juga dijelaskan secara singkat tentang bagian-bagian kapal perang beserta fungsinya masing-masing serta persenjataan yang ada di kapal perang.

Siswa-siswi mengaku sangat antusias. Banyak dari mereka yang mengutarakan pertanyaan seputar kapal perang, TNI secara umum, hingga tips-tips untuk menjadi TNI AL dan tak sedikit dari mereka yang  bercita-cita menjadi TNI AL.“Cita-cita saya menjadi Army pak” Ungkap Romel M Saturinas siswa kelas 1 SILN Davao dalam kegiatan observasi kapal perang xxx . “Cita-cita saya menjadi TNI AL” tambah CJ Arif Rakinaung siswa kelas 3 SILN Davao.

Muhammad Heru Santoso, koordinator acara dalam kunjungan wisata ke KRI ini mengatakan bahwa dengan mengunjungi kapal perang, siswa mendapatkan penjelasan langsung dari para Perwira KRI dan ABK. Hal tersebut selain dapat menambah ilmu dan pengetahuan murid murid juga dapat menciptakan pengalaman yang mengesankan dan menambah jiwa kebaharian serta nasionalisme siswa, mengingat anak-anak SILN Davao notabene adalah putra-putri warga negara Indonesia yang tinggal di Mindanao Selatan yang  sebagian besar mata pencaharian mereka sebagai nelayan.

Pejabat TNI AL yang mendampingi kunjungan dari SILN Davao mengaku cukup senang bisa memberi motivasi dan penjelasan kepada anak-anak.

“Terus semangat belajar, persiapkan dirimu dengan baik, raih cita-titamu setinggi mungkin”. Kata semangat dari pihak TNI AL.

(Yunia Tiara/ Editor Slamet)

#cerita mutiara mutiara negeri

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s