Bonding dengan Dunia Mereka via Literasi di Air

1Laensasi, Glan, 31 Mei 2016: Hari ini Selasa tanggal 31 Mei 2016 adalah hari terakhirku melakukan kegiatan pendampingan belajar dengan anak-anak SMP Terbuka ( di Learning Center Glan ). Ada suasana bangga dan haru ketika melihat anak-anak dengan senyum dan wajah yang ceria memanggil bu… ayo belajar, mau belajar apa kita hari ini bu …?

Suasana seperti ini pasti akan membuatku kangen untuk bertemu dengan mereka, anak-anak warga keturunan Indonesia yang tinggal di wilayah Mindanao Selatan. Mereka ini adalah generasi ke-empat yang lahir dan dibesarkan di Mindanao Selatan Filipina sehingga kami semua maklum jikalau kemampuan mereka dalam berbahasa Indonesia masih terbata-bata. Bagaimana tidak… keseharian mereka baik ketika berada di rumah maupun bermasyarakat selalu berkomunikasi dengan bahasa visayas atau Tagalog.

Kegiatan pendampingan yang saya lakukan kali ini yaitu Literasi membaca dongeng, melatih siswa membaca dengan bacaan yang benar dan mencari hikmah positif dan negatif dari bacaan yang jadi bahan literasi. Dongeng Malinkundang. Inilah bahan literasi yang ingin saya bagikan ke anak-anak. Saya sengaja memilih judul ini dengan pertimbangan :

  1. Sarat akan nilai dan budaya
  2. Sangat terkenal di Indonesia
  3. Memperkenalkan budaya Indonesia pada anak-anak.

Anak-anak LC-Glan sebagian besar tinggal di tepi pantai sehingga pemilihan media untuk mendukung kegiatan Literasi yang menyenangkan bagi siswa tidak terlalu sulit. Yah… mandi ditepi pantai sambil belajar. Anak-anak  terlihat sangat antusis dan gembira . Senyum dan tertawanya lepas…. yang membuatku benar-benar menyatu dengan kehidupan anak-anak. Awalnya agak ragu…tetapi ternyata sangat mengasyikkan. Anak-anak…yuk kita mandi di laut sambil belajar…. Horeeee…( seru anak-anak ).

Kegiatan ini saya awali dengan pembagian bahan literasi, lalu siswa membaca bahan yang dibagi sambil yang lain mendengarkan dan mengoreksi cara membaca yang masih salah … antar sesama teman atau guru, dan selanjutnya masing-masing siswa dimita untuk mengungkapkan sikap-sikap positif dan negatif Malinkundang dan mengidentifikasi sikap yang perlu ditiru dan yang tidak boleh dicontoh.

Inilah kegiatanku hari ini bersama anak-anak. Sangat terkesan, semoga apa yang kita pelajari hari ini bisa kita ambil hikmahnya . Belajar bisa kita lakukan dimana saja.. sekalipun sambil bermain.

 

Tetap semangat anak-anaku…

 

Penulis : Maslina Sinaga

Editor : Slamet Nugraha

Guru Bina Learning Center Glan

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s