Peringatan HUT RI di Davao City

13Davao, (Antara Sulsel) – Masyarakat Indonesia di Filipina Selatan juga memperingati detik-detik HUT Proklamasi ke-71 dalam sebuah upacara bendera di halaman kantor KJRI Davao City.

Upacara berjalan dengan hikmat dan haru, terutama ketika pasukan pengibar bendera, yang terdiri dari siswa-siswi Sekolah Indonesia Davao mengibarkan bendera merah putih, diiringi dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya oleh seluruh peserta upacara yang terasa sangat menyentuh hati, sehingga ada beberapa dari peserta upacara meneteskan air mata.

Paskibra KJRI ini dilatih oleh anggota TNI AL yang tergabung sebagai Indonesian Liason Officer dibawah pimpinan Letkol Laut (P) Endra Kusuma ST.

Acting Konjen RI, Endah Rachmi Yuliarti, setelah upacara mengatakan bahwa Peringatan detik-detik proklamasi ini bertujuan untuk mengingatkan dan mempertebal kembali jati diri bangsa Indonesia, walaupun hidup di negara orang.

Selain itu, peringatan ini juga ditujukan sebagai ajang silaturahmi bagi masyarakat Indonesia di Filipina Selatan dalam suasana kekeluargaan dan keramah-tamahan.

Setelah upacara dilanjutkan dengan beberapa lomba, antara lain untuk anak-anak tingkat SD: Mewarnai gambar pahlawan, menyanyikan lagu-lagu nasional, menghapal teks proklamasi, dan membawa kelereng di sendok.

Tingkat SMP, SMA, dan umum menyusun puzzle gambar para pahlawan, sepeda lambat, balap karung, dan memecahkan balon, tarik tambang.

Setelah lomba, dilanjutkan dengan syukuran, ditandai dengan pemotongan tumpeng oleh Acting Konjen RI, yang kemudian diserahkan kepada anggota masyarakat Indonesia paling senior yang hadir pada rangkaian kegiatan Peringatan HUT ke-71 RI.

Kegiatan Peringatan HUT ke-71 RI ditutup dengan makan siang dan ramah tamah dengan seluruh masyarakat Indonesia serta panggung gembira, ditampilkan beberapa hiburan yang diisi oleh anak-anak SID dan masyarakat WNI lainnya.

Rangkain kegiatan Peringatan HUT RI tahun 2016 terasa lebih semarak dengan keikutsertaan mahasiswa Universitas Muhammadiyah Yogyakarta yang sedang melakukan kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) Internasional di Mindanao, Filipina Selatan selama kurang lebih satu bulan.

Pewarta : Nanang Sumanang

Editor: Agus Setiawan

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s