Wujudkan Ketertiban Sekolah, SILN Davao Sosialisasikan S.O.P Sistem Monitoring Pelanggaran Disiplin Siswa

2Davao City-SILN Davao- Selasa (06/09) Sekolah Indonesia Davao mengadakan sosialisasi S.O.P tentang Sistem Monitoring Pelanggaran Disiplin Siswa. Kegiatan ini dilakukan untuk memberikan pemahaman kepada seluruh peserta didik tentang hal-hal yang terkait dengan Tata Tertib Sekolah dan pencatatan skor/poin pelanggaran dan poin penghargaan . Pencatatan skor/poin pelanggaran disiplin siswa dilakukan guna mengontrol siswa dalam melaksanakan tugasnya dan kewajibannya sebagai pelajar. Untuk itu siswa diharapkan memliliki sikap disiplin dan rasa tanggung jawab yang tinggi.

Kegiatan sosialisasi Tata Tertib ini terbagi dalam dua sesi yaitu sesi penyampaian standar operasional pelaksanaan (SOP) tentang Sistem Monitoring Pelanggaran Disiplin Siswa  dan sesi penyampaian hal-hal yang terkait dengan perilaku penyimpangan baik yang termasuk pelanggaran ringan, sedang maupun berat.  Tujuan dilakukan sosialisasi adalah untuk menyampaikan aturan pokok yang terkandung dalam Tata Tertib sehingga siswa dapat lebih memahami dan dapat melaksanakannya dengan baik sesuai aturan sebagaimana yang telah menjadi kesepakatan seluruh warga Sekolah .

Kegiatan sosialisasi disampaikan oleh Bapak Slamet Nugraha selaku Wakasek bidang Kesiswaan dan dibantu Bapak Irfan Faturrohman yang telah menginisiasi pemberlakuan pencatatan poin pelanggaran disiplin siswa. Pak Slamet Nugraha menuturkan, sebagai warga sekolah yang baik kita harus mentaati peraturan yang ada di sekolah. Aturan harus ditegakkan bukan untuk dilanggar. Mari kita ciptakan lingkungan sekolah yang tertib, rapih dan kondusif.

Pada kesempatan selanjutnya, Bapak Irfan Faturrohman menyampaikan bahwa Sekolah sebagai lembaga pendidikan memiliki peran utama untuk memberikan pembinaan terhadap berbagai perilaku penyimpangan yang terjadi pada siswa. Oleh karena itu, guna menunjang dan mewujudkan ketertiban di lingkungan sekolah, akan diberlakukannya pencatatan poin pelanggaran disiplin siswa dan pemberian sanksi sesuai dengan jumlah poin pelanggaran yang didapat. Bagi siswa yang berprestasi baik akademik , non akademik, atau aktif dalam organisasi siswa atau kepanitiaan kegiatan juga akan mendapatkan poin penghargaan. Poin ini nantinya dapat membantu mengurangi jumlah poin pelanggaran  siswa.

Rentang poin yang ditetapkan oleh sekolah untuk pelanggaran ringan yaitu (1-5), pelanggaran sedang (6-25) poin, dan pelanggaran berat (26-100). Apabila siswa mendapatkan  poin 100 karena melakukan pelanggaran berat seperti : membawa dan mengkonsumsi obat terlarang/narkoba atau melakukan tindak kriminal yang mengakibatkan siswa berurusan dengan pihak berwajib, maka siswa tersebut akan akan direkomendasikan untuk dikembalikan kepada orang tua (dikeluarkan dari sekolah).

9

Poin-poin pelanggaran dari setiap siswa akan direkap setiap bulan oleh guru BK SID Bapak Zaenal Fanani untuk dilaporkan kepada Kepala Sekolah dan akan diakumulasi setiap semester sebagai salah satu acuan/perimbangan untuk kenaikan kelas siswa.

Dengan diberlakukannya tata tertib sekolah dan pencatatan skor/poin pelanggaran disiplin siswa, diharapkan akan semakin meningkatkan kedisiplinan siswa dan terwujudnya ketertiban dan ketahanan sekolah.

(Yunia Tiara/ Editor Slamet Nugraha)

#cerita mutiara mutiara negeri

 

 

 

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s