PENYAMBUTAN KEDATANGAN KONSUL JENDERAL RI DAVAO CITY DAN SERAH TERIMA JABATAN KONSUL JENDERAL/KEPALA PERWAKILAN UNTUK WILAYAH AKREDITASI PULAU MINDANAO, KEPULAUAN SULU, DAN KEPULAUAN TAWI-TAWI.

sambut-konjenJumat, 16 September 2016. Pada hari Jumat tanggal 16 September 2016, sekitar pukul 12.00, waktu setempat, Bapak Drs. Berlian Napitupulu, beserta Ibu tiba di Davao City, Filipina , untuk menunaikan tugas yang baru sebagai Konsul Jenderal Republik Indonesia untuk wilayah akreditasi Pulau Mindanao, Kepulauan Sulu dan Kepulauan Tawi-Tawi. Dalam acara penyambutan di Wisma Keppri KJRI Davao City, Konsul Jenderal dan Ibu disambut oleh Acting Keppri Ibu Endah Rachmi Yuliarti, para home staf, Kepala Sekolah, guru-guru dan siswa-siswi Sekolah Indonesia Davao. Upacara penyambutan dilakukan dengan suguhan Tari Tor-Tor yang dibawakan oleh siswi SID asuhan Ibu Sherly T. Dalawir dan pengarah kegiatan Bpk. Dede Nugraha Kurniawan. Pemilihan jenis tarian ini dirasakan sangat pas mengingat beliau berasal Batak-Sumatera . Tari Tor-Tor memiliki keindahan serta keunikan dari gerakan tor- tor atau hentakan kaki pada tanah yang menjadi salah satu ciri khas. Tarian ini memiliki makna yang mendalam dan sering ditampilkan sebagai hiburan baik dalam acara resmi pemeritahan, maupun acara-acara lainnya.

Bapak Berlian Napitupulu  menyampaikan ungkapan terima kasih atas penerimaan dan penyambutan yang hangat dan rasa kekeluargaan yang diterima beliau dan keluarga. Beliau menegaskan pula bahwa eksistensi KJRI adalah untuk mendukung pelaksanaan diplomasi Indonesia yang tidak hanya menjadi domain Kemlu saja melainkan juga domain secara keseluruhan sehingga tidak ada lagi sekat-sekat dalam menjalankan misi diplomasi Indonesia dalam mengemban misi untuk memajukan hubungan bilateral antara RI dan RP yang bertujuan untuk memajukan dan mengamankan kepentingan nasional .

Dalam sambutan Konsul Jenderal RI pada acara sertijab yang dilaksanakan pada hari Senin, 19 September 2016 bertempat di ruang Nusantara KJRI Davao City, beliau memberikan apresiasi setinggi tingginya atas kinerja Acting Konjen dan seluruh jajarannya dalam menjalankan visi dan misi pemerintah. Bapak Berlian Napitupulu menjabarkan bahwa, amanah yang diberikan oleh pemerintah sebagai Konsul Jenderal RI di KJRI Davao City mengemban 2 tugas utama yaitu : 1) sebagai markerter produk Indonesia, pariwisata, budaya dan pencitraan  2) memberikan perlindungan warga negara. Dua tugas utama ini akan terasa ringan jika kita lakukan secara secara bersama-sama. Mari kita bekerjasama, bekerja sekuat tenaga untuk mensukseskan visi dan misi pemerintah.

Horas…, Mabuhay ng Indonesia at Pilipinas.

Pewarta : Slamet Nugraha

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s